Tips Merawat Motor Injeksi - Nevilleferry.info Berita Unik

Rabu, 11 Maret 2020

Tips Merawat Motor Injeksi




Perkembangan dunia teknologi di berbagai bidang ini dinilai memang semakin pesat. Banyak hal yang semakin mudah dilakukan manusia. Karna banyaknya alat dan berbagai macam variasi dan inovasi yang manusia ciptakan guna untuk mempermudah segala aktivitas yang di lakukan manusia. Salah satu perkembangan yang dinilai sangat signifikan setiap tahunnya ialah pada dunia motor. Ya, banyak sekali setiap tahunnya permintaan akan sepeda motor. Dipasaran maupun sepeda motor baru dari pabrik atau sepeda motor bekas pakai bahkan sudah tipe yang usang masih saja banyak di minati oleh khayalak. Di Indonesia sendiri banyak sekali permintaan sepeda motor. Nah terutama sepeda motor matic yang masih menjadi primadona di tahun 2000an ini. Sejak adanya sepeda motor matic ini dan semakin banyaknya permintaan bahkan perusahaan menciptakan inovasi dengan mengusung fitur injeksi. Dengan adanya fitur injeksi ini motor akan diharapkan lebih irit dalam pemakaian bahan bakar. Hanya saja, banyak yang teledor akan perawatan yang dibutuhkan oleh motor metic injeksi ini. Buat kalian yang memiliki motor matic injeksi keluaran terbaru dan baru pertama kali memiliki sepeda motor metic injeksi, saya akan membagi informasi tentang tips – tips menjaga atau merawat mesin injeksi agar performa motor kalian tetap prima. Simak dan cermati tips – tips dibawah ini!
  • Gunakanlah bahan bakar yang memiliki oktan tinggi
Salah satu cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk merawat dan menjaga mesin injeksi  kalian adalah degan cara menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan di atas 90. Penggunaan oktan dengan kadar tinggi tersebut mampu mengoptimalkan pembakaran yang ada pada mesin tersebut. Jangan memilih menggunakan bahan bakar yang beroktan rendah karena dapat menimbulkan kerusakan pada komponen – komponen mesin injeksi kalian. 
  • Ganti oli secara teratur
Pada perawatan motor injeksi yang tidak boleh terlewatkan ialah jangan lupa untuk selalu mengganti oli teratur dan tepat waktu. Lakukanlah penggantian oleh saat motor sudah menempuh jarak 1000 km dan setiap dua bulan sekali. Dan selalu jaga mesin motor selalu di beri pelumas untuk menghindari kekeringan mesin dan bia menimbulkan kerusakan pada kinerja mesin motor.
  • Periksa kondisi aki
Jangan lupa selalu perhatikan dan periksa kondisi aki pada motor kesayangan kalian. Motor dengan mesin injeksi sangat bergantung pada kondisi aki untuk menghidupkan mesin motor saat system pembakaran di mulai.
  • Rawat busi dengan baik
Selain kalian harus memperhatikan kondisi aki, jangan lupa kalian harus memperhatikan kondisi busi motor. Busi merupakan pematik api yang sangat penting perannya dalam mesin motor. Jika busi bermasalah maka proses pembakaran akan terganggu sehingga mesin kekurangan tenaga dan motor tidak dapat menyala degan baik. 
  • Periksa kondidi ECU
ECU ( Elektronic Control Unit ) ialah otak dari pengoperasian pada system injeksi. ECU memiliki tugas penting untuk mengatur keseluruhan unit injector. Baik takaran yang diguankan untuk bahan bakar dan buka tutup klep injector. Dan jika system ini mengalami gangguan maka akan mengakibatkan motor mogok.
  • Servise secara teratur
Melakukan servise ialah perawatan rutin yang harus kalian lakukan agar mesin tetap prima. Dan servise bisa di lakukan selama 3 bulan sekali. Usahakan melakukan servise di tempat yang resmi dan memiliki standart yang yang telah di berlakukan. 
Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menjaga dan merawat mesin motor injeksi. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda